Tanya Dokter: Mengulas Tentang Beberapa Jenis Penyakit Umum Pada Manusia


Dokter umum merupakan istilah untuk dokter yang melakukan pengobatan bagi masalah kesehatan dengan gejala yang umum dialami. Dokter umum dianggap sebagai layanan tingkat pertama untuk memberikan penanganan awal, pencegahan, melakukan diagnosis serta memberikan rujukan kepada dokter spesialis jika dibutuhkan. Tanya dokter umum memiliki kemampuan dalam meresepkan obat sesuai dengan penyakit pasien, memberikan edukasi mengenai cara memelihara kesehatan, memberikan pemeriksaan untuk menunjang diagnosis, menyusul tes penunjang, melakukan tindakan pencegahan dan bertanggungjawab jika pasien melakukan rujukan.

Jika bertemu dengan dokter umum maka sebaiknya menuliskan gejala secara umum dan detail supaya dokter dalam melakukan diagnosis terkait penyakit yang diderita. Selain itu, berikan daftar pertanyaan mengenai kondisi yang dialami termasuk mengetahui riwayat kesehatan keluar sebelumnya dan mencatat obat yang pernah dikonsumsi dan merasakan alergi setelah mengonsumsi obat tersebut. Saat melakukan konsultasi maka bawalah seluruh hasil pemeriksaan sebelumnya, bawa juga kartu asuransi kesehatan untuk memudahkan proses administrasi dan ajak anggota keluarga apabila menemui dokter.

Berikut adalah jenis penyakit yang umum menyerang manusia diantaranya:
  1. HIV/AIDS merupakan penyakit ganas yang menyerang sistem tubuh manusia, cukup berbahaya dan sangat berakibat fatal, virus ini menyerang sel darah putih dan perkembangannya membuat antibodi mengalami gangguan.
  2. Polio merupakan penyakit karena virus genus enterovirus melalui mulut dan menginfeksi bagian usus, lalu masuk menuju aliran darah lalu menyerang bagian saraf pusat dan membuat kelumpuhan dalam beberapa jam, penyakit ini menular melalui kontak langsung dan kotoran yang terinfeksi, orang yang terinfeksi akan merasakan kelemahan otot dan membuat otot mengalami kelumpuhan pada kaki.
  3. Campak merupakan penyakit dari virus RNS yang membantu genetik dengan asam nukleat berbentuk pada rantai ganda berpilin, virus ini dapat menular jika melakukan sentuhan dan menular dari saluran pernapasan.
  4. Pneumonia merupakan penyakit paru-paru basah dimana dapat menginfeksi salah satu atau kedua paru-paru.
  5. Gagal ginjal merupakan penyakit yang menyebabkan ginjal tidak mampu menyaring maupun membersihkan darah pada zat serta senyawa asing pada tubuh hal ini menandakan adanya bahaya dari ginjal, dapat disebabkan oleh infeksi A, C maupun B termasuk infeksi pada saluran kemih dan radang tenggorokan.

Selain itu, bisul merupakan penyakit yang menyebabkan adanya benjolan merah dan dapat membesar biasanya berada pada area lembab tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh stafilokokus aureus yang menyebabkan infeksi lokal ketika melewati kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan folikel rambut. Meningitis merupakan penyakit pada selaput otak karena peradangan meninges dan infeksi jamur yang diperoleh dari makanan dan penyakit ini dapat menular.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan tubuh diantaranya:
  1. Mengonsumsi sayuran hijau untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu diet seimbang seperti brokoli, kol dan kembang kol.
  2. Konsumsi vitamin D dari jamur, kuning telur, hati sapi, ikan tuna dan ikan salmon yang baik untuk mengurangi pertumbuhan tulang buruk dan masalah jantung.
  3. Olahraga rutin untuk membantu tubuh langsing dan bugar serta mampu mencegah terjadinya peradangan hingga penyakit kronis, dan membantu peredaran sel darah putih agar melawan penyakit.
Tanya dokter umum menyarankan untuk meminum teh hijau dengan manfaat untuk menekan tekanan darah dan mengurangi adanya kardiovaskular. Pastikan memiliki tidur yang cukup setidaknya 7 jam karena jika kurang dari 6 jam akan mudah mengalami infeksi. Pastikan mengelola stres dengan baik karena stress akan memudahkan tubuh mengurangi kemampuan hormon melawan penyakit dan peradangan.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter: Mengulas Tentang Beberapa Jenis Penyakit Umum Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel