Simak Prosedur Membuat NPWP Online Berikut


Cara membuat NPWP online
sudah disediakan oleh pemerintah demi meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Sudah tidak ada alasan lagi bagi masyarakat yang telah memenuhi persyaratan karena rumitnya birokrasi pemerintah. 

Dengan melakukan proses pembuatan NPWP secara online, Anda tidak perlu repot mengantre lama di kantor pajak. Kapan dan dimana pun bisa mengurus pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak tersebut. Pemrosesan menggunakan gawai dan kuota ini hanya memakan waktu beberapa menit saja. Untuk Anda yang masih awam dengan metode ini bisa menyimak ulasan berikut. 

Kunjungi Website Resmi Pajak

Cara membuat NPWP online yang pertama ialah buka laman ereg.pajak.go.id lalu klik Daftar. Kemudian akan muncul tampilan untuk pendaftaran awal, masukkan nama, email dan password. 

Pastikan pula email yang didaftarkan masih aktif karena nantinya akan dikirim kode aktivasi melalui email tersebut. Jika sudah, login ke email dan buka surat masuk dari perpajakan tersebut. Klik link atau ikuti langkah yang diperintahkan pada email.

Isi Formulir

Meng-klik link yang diberikan melalui email tersebut merupakan proses keamanan agar akun pajak Anda tidak disadap oleh orang lain. Kemudian login ke alamat pajak sebelumnya, gunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya akan tampil formulir pengajuan pembuatan NPWP, isilah dengan lengkap dan benar. 

Jika sudah, klik Daftar agar formulir terekam dan dikirim online ke kantor pajak.  Kemudian akan muncul perintah untuk mencetak formulir yang telah diisi beserta Surat Keterangan Terdaftar Sementara. Tanda tangani terlebih dahulu dokumen tersebut sebelum melanjutkan.

Scan Dokumen dan Kirim

Pindai atau scan dua dokumen yang telah dicetak dan ditandatangani tersebut lalu upload di website. Selanjutnya Anda hanya perlu melihat perkembangan status pengajuan NPWP. Jika status ditolak maka ada beberapa data yang harus dilengkapi atau dokumen yang harus diperbaiki. 

Apabila proses berhasil maka kartu NPWP akan dikirim via POS berdasarkan alamat yang sudah didaftarkan. Selanjutnya, dengan NPWP tersebut Anda sudah memiliki catatan hutang piutang dengan negara yang wajib dibayar setiap tahun.

Cara membuat NPWP online pun selesai. Anda tak perlu membuang waktu duduk mengantre lama di kantor pajak, bukan? Bahkan dengan cara ini, Anda bisa membuat NPWP sambil melakukan aktivitas lainnya di rumah, kantor atau tempat lain. Tak hanya bagi wajib pajak pribadi, wajib pajak badan pun harus membuat NPWP sebagai catatan hutang piutang dengan negara. 

Sebuah usaha bisa menggunakan aplikasi keuangan yang akan membantu melakukan proses pencatatan keuangan. BukuKas adalah satu aplikasi keuangan yang simpel untuk digunakan dan akan membantu dalam proses perhitungan besar pajak yang dibayar kepada pemerintah. Sehingga tak perlu repot lagi mengira-ngira pajak terhutang yang harus dibayar setiap tahun. Untuk informasi lebih lanjut tentang BukuKas bisa cek di https://www.bukukas.co.id. 

Belum ada Komentar untuk "Simak Prosedur Membuat NPWP Online Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel